parenting

Alternatif Camilan Sehat: Promina Crunchies

Bayi dan balita kita saat ini adalah gambaran sekilas masa depan bangsa Indonesia. Merekalah sumber daya manusia Indonesia yang perlu menjadi manusia sehat yang kelak memiliki keterampilan untuk menghadapi persaingan di era global. Pola makan dan kualitas makanan yang sehat sangat penting untuk memastikan seorang anak bertumbuh dan berkembang dengan baik, penting juga untuk mengetahui apakah berat badan anak naik dengan semestinya. Konsekuensi yang disebabkan kurangnya kualitas dan pola makan selama masa ini akan sangat signifikan dimasa mendatang (Hanindita, 2020).

Saat usia bayi menginjak enam bulan, bayi sudah mulai boleh mencoba makanan padat pertamanya sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Selain MPASI, memperkenalkan bayi dengan makanan selingan atau camilan sehat juga disarankan dengan tujuan untuk mengganjal perut di luar waktu makan utamanya dan memperkenalkan makanan pada bayi.

Makanan selingan atau camilan yang baik adalah yang mengandung energi dan bernutrisi. Buah-buahan seperti alpukat, pisang, puding susu dan roti dengan mentega adalah beberapa makanan selingan yang baik.

Makanan selingan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi (dapat merusak gigi) dan bernutrisi rendah seperti permen dan soda (Hanindita, 2018).

Salah satu makanan selingan atau camilan sehat itu adalah Promina Crunchies.

Mengapa saya memilih Promina Crunchies ?

  • memiliki kandungan energi dan bernutrisi
  • mudah didapat
  • murah
  • anak suka dan enak (pernah saya iseng ikut makan hehehe)

Siapa yang boleh makan Promina Crunchies ?

Dari petunjuk yang ada makanan selingan atau cemilan ini cocok dikonsumsi oleh bayi berusia 8 bulan keatas.

Dari pengalaman saya, alhamdulillah anak suka dengan Promina Crunchies. Mungkin karena rasanya yang gurih gitu kali ya. hehehe.

Secara umum, bayi dapat diperkenalkan dengan cemilan yang dapat dipegangnya sendiri saat ia sudah mulai bisa menguasai genggaman dan memiliki kemampuan untuk mengambil benda-benda kecil di antara ibu jari dan telunjuknya. Namun, di masa awal perkenalan, ia akan menggunakan seluruh tangan dan meletakkan semua makanan tersebut di dalam mulutnya. Karenanya, penting bagi para orang tua untuk memastikan makanan tersebut sudah cukup aman untuk diberikan pada si kecil.

Stay Healthy,

Tetap Jaga Jarak,

Salam Hangat,

FHZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *