Alternatif Camilan Sehat untuk Bayi

Makanan Pendampiang Air Susu Ibu (MPASI) harus diberikan saat ASI saja sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Selama periode MPASI, seorang bayi secara perlahan dilatih agar kelak dapat mengkonsumsi makanan keluarga. Masa transisi dari ASI Eksklusif sampai makanan keluarga ini terjadi saat bayi berusia sekitar 6-23 bulan. Periode ini adalah masa kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi (Hanindita, 2020). Tidak hanya orang dewasa saja yang mengenal istilah camilan, bayi pun perlu dikenalkan dengan camilan/makanan selingan/kudapan tetapi tidak melupakan makanan utama ya tentunya.

Makanan selingan atau kudapan yang baik adalah makanan yang mengandung energi dan nutrisi. Buah-buahan seperti alpukat, pisang, puding susu dan roti dengan mentega adalah beberapa makanan selingan yang baik. Makanan selingan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi (dapat merusak gigi) dan bernutrisi rendah seperti permen atau soda (Hanindita, 2019).

Salah satu makanan selingan atau kudapan yang saat ini saya gunakan adalah Yummy Bites Beberoll.

Produk ini telah memiliki sertifikat manajemen keamanan pangan dan mendapat penghargaan pilihan konsumen no. 1 di Korea. Selain itu pula, produk ini juga sudah lulus BPOM RI. Jadi untuk ibu-ibu sudah tidak perlu khawatir terhadap keamanannya.

Camilan ini mengandung tinggi kalsium dan vitamin E. Mengapa bayi membutuhkan kalsium dan vitamin E ?

a. Kalsium adalah mineral penting dalam perkembangan gigi dan tulang, pembekuan darah dan kesehatan otot dan sel saraf (Hanindita, 2019).

b. Vitamin E adalah sebagai antioksidan. Adapun fungsi vitamin E yang lain dapat menstimulasi respon imunologi. Kemampuan peningkatan imunologi terlihat dalam peningkatan kekebalan tubuh. Dari beberapa penelitian mengemukakan bahwa kejadian infeksi akan berkurang bilamana kadar vitamin E dalam tubuh meningkat (Lamid, 1995).

Kelebihan :

  • Mudah di pegang bayi
  • Ada 3 varian rasa : Blueberry, Orange dan Strawberry
  • Kemasannya asik dan lucu
  • Rasanya enak, dijamin bayi suka
  • Praktis

Kekurangan :

  • Tidak semua toko menyediakan
  • Isinya sedikit cuma 8

Makanan selingan/camilan/kudapan dipasaran sangatlah beragam. Namun, sebagai orang tua harus memastikan bahwa makanan tersebut aman dan sehat untuk anak.

stay healthy parents.

salam hangat,

FHZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *