literasi parenting

Belajar Berkreasi dari Buku 78 Resep MPASI

Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) harus dimulai saat ini ASI saja sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehingga dibutuhkan makanan dan cairan lain bersama dengan ASI. Selama periode MPASI, seorang bayi secara perlahan dilatih agar kelak dapat mengkonsumsi makanan keluarga. Masa transisi dari ASI Eksklusif sampai makanan keluarga ini terjadi saat bayi berusia sekitar 6-23 bulan. Periode ini adalah masa kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi. Dalam memberikan MPASI perlu memperhatikan adekuat yang artinya MPASI yang diberikan harus mengandung zat gizi yang lengkap dan seimbang (Hanindita, 2020).

78 Resep MPASI karangan dr. Meta Hanindita, Sp.A (K) adalah sebuah buku kumpulan resep MPASI yang menurut saya bermanfaat untuk para ibu untuk mengenalkan anak pada makanan rumahan. Walaupun isinya tidak banyak tetapi resep yang disajikan sudah membantu kita nantinya untuk berkreasi sendiri dalam membuat MPASI.

Mengapa membeli buku ini ?

Tujuan saya membeli buku ini adalah rasa keingintahuan untuk mencoba mempraktikan resep MPASI ala dr. Meta. Selain itu dengan membeli buku ini saya dapat belajar berkreasi membuat makanan sehingga mencegah anak bosan yang menyebabkan anak sulit makan. Kalau anak sulit untuk makan bukankah kita juga ya sedih ?

Siapa saja yang cocok untuk membaca buku ini ?

Menurut saya buku ini sangat cocok dibaca oleh orang tua yang sedang mempersiapkan MPASI dan yang tengah berjuang di dunia perMPASIan seperti saya dan suami hehehe.

Hal apa saja yang dibahas dalam buku ini ?

Sudah jelas dari judulnya, buku ini berisi resep-resep MPASI. Namun, menariknya resep-resepnya di golongkan sesuai umur. Di buku ini dibagi dalam tiga umur, yaitu :

  • Umur 6-9 bulan
  • Umur 9-12 bulan
  • Umur 12-23 bulan

Pembahasan resep dalam buku ini mudah dipahami, mudah dibuat serta mudah di variasikan. Bukunya asik dan memanjakan mata banget jadi gak bakal bosan kalau baca.

Selain menjelaskan tentang resep MPASI, di buku ini juga dijelaskan tentang alasan pemberian MPASI, waktu yang tepat pemberian MPASI dan zat besi serta manfaat zat gizi makro dalam MPASI (karbohidrat, protein, lemak).

Apa saja manfaat dari membaca buku ini ?

  • Menambah kepercayaan diri
  • Menambah skill memasak
  • Resep MPASI untuk anak menjadi lebih beragam sehingga mencegah anak bosan.

Meskipun MPASI rumahan itu mudah untuk dibuat dan murah, sebagai orang tua kita perlu memperhatikan kebutuhan gizi anak kita. Jangan asal dalam memberi makan. Bagi para pejuang MPASI tetap semangat ya!

stay healthy semuanya…

salam hangat,

FHZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *