Belajar dari Penguin Kecil

Santai Aja, Namanya Juga Hidup!

Kita hidup di dunia ini pastinya akan mengalami suka duka, gagal sukses, bahagia sedih. Dibalik semua kejadian itu sudah pasti ada pelajaran yang tersembunyi untuk kehidupan kita. Melalui bukunya Yozuck mengingatkan kita semua bahwa gagal dan berbuat salah bukanlah suatu perkara besar, ambil semua pelajaran dari pengalaman yang kita dapat. Jangan menyalahkan diri sendiri karena pada dsasarnya manusia hidup itu pastinya akan mengalami siklus naik turun dalam kehidupannya. Sekali lagi tergantung pada bagaimana manusia menyikapi kejadian yang dialami.

Buku ini berisi mengenai pengalaman yang ditemui oleh penulis dalam kesehariannya. Pengalaman yang dia tuangkan ke dalam kata-kata dengan dibumbui oleh ilustrasi si penguin kecil.

Beberapa kutipan kata-kata pembangkit semangat di buku ini, antara lain :

sepertinya harus coba ini itu dulu, deh. kita nggak akan bisa suka sama masakan yang belum pernah kita coba, tempat yang belum pernah kita kunjungi atau hal yang belum pernah kita lakukan. memang kita semua butuh proses untuk mencari-cari jalan yang cocok buat kita, kan?

menghibur orang itu ternyata susah, ya? kalau kamu, nggak tahu harus omong apa, ya diam aja. mungkin itu juga bisa jadi salah satu cara yang tepat.

tapi aku ini masih punya kehidupan yang panjang. memikirkan yang indah-indah saja selama masih hidup. menurutku itu lebih baik.

apa aku ini tumbuh dewasa seperti kuku kakiku ini. dibandingkan kemarin, dibandingkan seminggu yang lalu. apa aku sudah jadi lebih baik daripada sebelumnya, ya?

aku memang aneh tetapi bukan berarti aku rusak. hal rusaklah yang perlu diperbaiki. hanya karena aku beda sama yang lain. hanya karena aku nggak sejalan dengan pikiranmu. kenapa kamu anggap aku seperti barang yang rusak?

jika aku takut gagal sampai-sampai aku nggak mau mencoba yang lain, rasanya aku nggak akan pernah tahu apa itu ‘hal baru’

jadi, kupikir ada baiknya kalau kita bisa menerima diri sendiri saat kita melakukan suatu kesalahan karena memang kita nggak pernah sempat latihan sebelumnya.

aku pikir, di awal aku memang harus menumpuk kegagalan dulu. terus suatu saat nanti aku percaya tumpukan kegagalan itu pasti bakal berubah jadi kemampuan aku yang sebenarnya.

aku nggak ingin berpura-pura jadi jahat. aku juga nggak mau berbuat nggak baik kepada yang lain. soalnya aku juga pernah diperlakukan tidak baik oleh orang lain.

ya, yang namanya bahagia bukan berarti harus melakukan sesuatu yang besar, kan

hidup memang tidak selalu mudah tetapi kita tetap harus berjalan.

salam hangat,

FHZ

2 thoughts on “Belajar dari Penguin Kecil

  1. Aku belum kesampaian nih mau baca buku ini
    Dan setelah baca post-mu, aku jadi makin pengin baca!
    Quote-nya bagus-bagus, aku suka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *