parenting

Promina Bubur Tim sebagai Alternatif MPASI

MPASI merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI, yaitu makanan tambahan yang diberikan pada bayi selain ASI (Air Susu Ibu) ketika ASI saja tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak untuk tumbuh kembang optimal. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi bayi demi tumbuh kembang optimal, pemberian MPASI juga bertujuan untuk melatih kemampuan makan bayi, baik kemampuan mengunyah dan menelan maupun kemampuan bayi menerima berbagai rasa dan tekstur makanan (Hanindita, 2019).

Beberapa penelitian menunjukkan fase kritis terjadinya malnutrisi adalah saat peralihan dari ASI menjadi MPASI. Oleh karena itu, para orangtua dan pengasuh bayi wajib dan penting sekali mendapatkan edukasi yang tepat mengenai praktik pemberian nutrisi optimal. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang benar merupakan salah satu usaha pemberian nutrisi optimal (Hanindita, 2000).

Jika MPASI buatan sendiri kaya zat besi yang mencukupi kebutuhan tidak dapat diberikan karena berbagai alasan (misalnya kapasitas lambung yang masih terbatas atau kemampuan makan bayi yang belum sempurna), MPASI terfortifikasi adalah alternatif yang dapat diberikan (Hanindita, 2019).

Semula saya berpikir bahwa MPASI instan itu kurang baik (saat itu belum cari ilmu soalnya hahaha). Namun, setelah tahu ilmunya kini sudah tahu bahwa MPASI instan itu berbeda jauh dengan Mie Instan hehehe. Kalau dari yang pernah saya baca, MPASI instan atau terfortifikasi adalah MPASI yang dalam pembuatannya sudah dan harus sesuai dengan aturan khusus WHO dimana dalam aturan tersebut melarang untuk pemberian pengawet dan zat berbahaya untuk bayi.

jadi ya sekali lagi, MPASI instan/terfotifikasi itu beda dengan Mie Instan ! 😀

Salah satu MPASI fortifikasi yang saya gunakan saat ini adalah Promina Bubur Tim 8+. Bagi ibu yang bekerja seperti saya, MPASI ini sangatlah membantu dan bersyukur anak saya suka.

Beberapa alasan memilih Promina Bubur Tim 8+ :

a. Hemat Waktu (apalagi kalau pagi hari, wah bawaanya pengen cepet-cepet hahaha).

b. Sudah terfortifikasi dengan zat-zat yang dibutuhkan oleh bayi (jadi tidak perlu khawatir) terus sudah aturan penyajiannya juga.

c. Ada 6 varian (daging dan brokoli, ati ayam kampung, ayam kampung kacang polong, tim salmon norwegia, ayam kampung tomat wortel, ikan bilis bayam wortel). Sayangnya saya baru bisa mendapatkan 3 varian dari 6 varian yang disediakan.

d. Mudah ditemukan di toko-toko

e. Harga terjangkau

f. Mudah dibuat

semangat terus untuk ibu-ibu pejuang MPASI. MPASI ini bisa menjadi alternatif jika anak malas untuk makan.

semoga bermanfaat.

salam hangat,

FHZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *