Love, Live, Dream and Hapiness

Tips Untuk Bermain

Kemarin saya menulis tentang betapa pentingnya bermain untuk anak. Kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu tips bermain yang biasanya dilakukan oleh orang Denmark kepada anak-anaknya.

Tips untuk bermain itu di antaranya :

1. Matikan

Sebisa mungkin moms harus menjauhkan segala alat elektronik dan TV dari jangkauan dan tatapan anak-anak. Karena apa? dengan begitu anak-anak dapat mengembangkan daya imajinasinya.

2. Ciptakan Lingkungan yang Bisa Memperkaya

Menyiapkan segala permainan atau bahan-bahan yang bisa menstimulasi indra penglihatan, pendengaran, peraba dan lainnya. Sehingga nantinya dapat meningkatkan perkembangan otak anak. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak perlu mahal ya, moms. Mungkin bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar rumah.

3. Gunakan Seni

Otak anak-anak berkembang ketika mereka menggunakan seni. Oleh karena itu, jangan tunjukkan bagaimana melakukannya-sediakan saja bahan-bahan untuk karya seni dan biarkan mereka berkreasi secara spontan.

4. Biarkan mereka menjelajah di luar

Ajaklah mereka keluar sebanyak mungkin untuk bermia di alam-hutan, taman, pantai, dimanapun. Namun, selalu di ingat ya moms, pastikan area tersebut aman

5. Bermain dengan anak-anak yang berbeda usianya.

Menurut sumber yang saya baca, dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain dengan anak yang lebih tua akan mengajari mereka untuk mengendalikan diri dan negosiasi, belajar berpartisipasi serta bekerja sama dengan anak yang lebih tua.

6. Biarkan mereka bebas dan lupakan rasa bersalah

Biarkan anak bermain secara bebas karena hal ini akan melatih mereka untuk mengembangkan daya imajinasi dan keterampilannya. Jangan menyalahkan diri sendiri karena membiarkan anak kita asyik bermain.

7. Bersungguh-Sungguh

Saat anak melakukan permainan, ikuti saja cara bermainnya. Luangkan waktu walau sebentar bermain bersama anak.

8. Biarkan mereka bermain sendiri juga

Bermain sendiri sangat penting untuk anak-anak. Bermain dengan mainan mereka adalah cara untuk memproses pengalaman baru, konflik dan kejadian sehari-hari dalam hidup mereka. Selain itu pula, bagus untuk mengembangkan fantasi dan imajinasi mereka.

9. Buat Rintangan

Dalam membuat rintangan sebaiknya moms juga harus memastikan keamanan di lingkungan sekitar. Setelah itu, biarkan mereka bebas bermain dan memanjat, menjelajah ataupun berkreasi. dan perlu di ingat, jangan stres !

10. Ajak Orang Tua Lain Bergabung

Mengapa perlu mengajak orang tua yang lain? karena agar para orang tua ikut terlibat dalam permainan yang sehat. Semakin banyak orang tua yang mempraktikkannya maka akan semakin banyak anak yang bisa bebas bermain tanpa perlu banyaknya campur tangan orang dewasa.

11. Hindari campur tangan terlalu cepat

Ketika anak kita mendapat masalah misalnya dengan teman sepermainannya, sebisa mungkin kita jangan terlalu cepat untuk menghakimi teman anak kita. Oke, mungkin kita berpikir karena untuk melindungi anak kita. Namun, hal itu akan berefek yang tidak bagus untuk anak kita. Mengapa? Anak tidak belajar untuk menjadi lebih tangguh dan mengendalikan diri.

12. Bebaskan

Biarkan anak untuk melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Hal ini akan berpengaruh pada keterampilannya mereka.

(sumber : The Danish Way of Parenting)

Bagaimana parents, sudahkah kita melakukan beberapa tips diatas ?

selamat membaca…

salam hangat,

FHZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *