Belajar Laktasi Dari Buku Pintar ASI dan Menyusui

Manajemen laktasi merupakan usaha atau cara yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan menyusui (Monika, FB). Bagaimana untuk mencapai keberhasilan dalam menyusui? kewajiban kita calon ibu dan para ibu untuk mempersiapkan semua itu. Menurut saya mempelajari ilmu laktasi sebelum melahirkan adalah hal yang penting. Tidak banyak perempuan setelah melahirkan mengalami beberapa masalah menyusui. Beberapa masalah tersebut diantaranya air susu ibu (ASI) yang tidak keluar lancar, bingung memposisikan bayi saat menyusui, payudara bengkak dan lainnya.

Siapa saja yang perlu belajar?

Semua perempuan terutama untuk calon ibu walaupun tidak menutup kemungkinan juga untuk ibu yang sebelumnya sudah pernah melahirkan.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk belajar ilmu laktasi. Apalagi saat ini, akses informasi untuk mendapatkan itu semua sangat mudah di dapatkan baik yang gratis maupun yang berbayar. Jadi tidak perlu takut.

Ada satu buku yang saya rekomendasikan untuk para calon ibu dan ibu di luar sana dalam belajar ilmu laktasi yaitu buku ‘Buku Pintar ASI dan Menyusui‘. Buku ini ditulis seorang konselor menyusui & La Leche League Leader yang bernama FB Monika. Jadi tak perlu khawatir karena yang menulis sudah kompeten dalam bidangnya hehehe.

Dalam buku tersebut di jelaskan secara detail tentang masalah yang berkaitan dengan manfaat ASI dan menyusui bagi bayi dan ibu, manajemen laktasi, penanganan masalah-masalah menyusui, teknik menyusui dan manajemen ASI perah dan beberapa permasalahan lainnya. Bahasa dalam buku ini sangat mudah dipahami dan setiap bab nya dibahas dengan detail. Di dalamnya juga di sertai beberapa tips kesehatan.

Membaca buku ini tidak perlu dengan suasana yang serius, santai saja, sambil ngeteh atau minum kopi atau sebelum tidur misalnya. Membacanya pun tak perlu sesuai urutan yang ada di daftar pustaka. Buktinya saat saya membaca buku ini saya membaca tidak dari awal tetapi dari topik yang menurut saya paling menarik.

Sudah siapkah untuk belajar bersama?

salam sehat & sayang,

FHZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *