[BOOK REVIEW] Gentle Birth (Melahirkan Tanpa Trauma) Karya Tikah Kumala

bagi sebagian perempuan melahirkan adalah proses yang menakutkan, mengkhawatirkan dan mencemaskan. terlebih bagi perempuan yang sama sekali belum pernah memiliki pengalaman merasakan bagaimana proses melahirkan. tidak jarang untuk mengatasi hal tersebut perempuan memutuskan melahirkan secara caesar. karena dianggap simpel, tidak ribet dan tidak merasakan kesakitan yang luar biasa. 

persalinan normal atau caesar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. mungkin ada beberapa alasan perempuan lebih memilih untuk melahirkan secara caesar seperti karena anjuran dokter (biasanya ini karena memang ada hal yang tidak bisa dilakukan persalinan secara normal). jadi, jangan menganggap bahwa persalinan normal atau persalinan caesar itu yang terbaik. seseorang melahirkan secara normal atau caesar pasti memiliki alasan masing-masing. 

bagaimana ya caranya agar dalam melahirkan tidak takut, khawatir dan cemas ?

kalau menurut saya, kita perlu mempersiapkan diri dengan mencari banyak informasi. dengan banyaknya informasi atau wawasan yang kita dapat setidaknya kita bisa mempersiapkan diri agar persalinan lancar dan lepas dari kesan yang menakutkan dan mencemaskan.

ada yang sudah pernah mendengar ‘gentle birth’?

mungkin sebagian perempuan sudah pernah mendengar bahkan ada yang sudah mempraktikkannya. kalau saya baru kenal dengan istilah tersebut 1 tahunan ini. saya tertarik dengan konsep persalinan ini karena tanpa perlu obat-obat medis, melahirkan dengan nyaman tanpa rasa sakit. 

akhirnya beberapa waktu yang lalu saya menemukan buku yang berjudul ‘Gentle Birth’ Melahirkan Tanpa Trauma. 

tanpa perlu panjang lebar, nah berikut ulasan buku ‘Gentle Birth’ (Melahirkan Tanpa Trauma) yang siapa tahu akan menambah wawasan kalian (calon ibu dan ibu) tentang persalinan yang nyaman.

Gentle Birth (Melahirkan Tanpa Trauma) Karya Tikah Kumala

Judul Buku : Gentle Birth (Melahirkan Tanpa Trauma)

Penulis : Tikah Kumala

Editor : Nimas

Penerbit : Penerbit Brilliant

Terbit : 2020

ISBN : 978-602-5861-58-1

Tebal : 158 halaman

Harga : Rp 34.300

Kelahiran adalah sebuah misteri. Dalam menyambut sang buah hati sering calon ibu merasa khawatir dan takut akan prosesnya nanti. Namun, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan rasa takut dan khawatir dapat diatasi dengan gentle birth. Banyak yang sudah mempraktikkan gentle birth ini. Bahkan setelah sejumlah selebiriti dikabarkan berhasil melewati persalinan yang nyaman dengan gentle birth, metode ini pun kian naik daun. Pasalnya, gentle birth digadang-gadang dapat membebaskan persalinan dari rasa sakit. Benarkah itu?

buku Gentle Birth ini adalah  buku yang tidak hanya menjelaskan tentang gentle birth tetapi juga menjelaskan seputar kehamilan, persalinan dan fase setelah melahirkan. 

seputar kehamilan dijelaskan dalam bab 1-3. yang menarik dalam bab seputar kehamilan di jelaskan tentang mitos kehamilan dan dijelaskan pula tentang kehamilan risiko tinggi. sampai saat ini menurut saya mitos kehamilan masih tersebar dengan baik di kalangan masyarakat. saya berharap melalui penjelasan mengenai mitos kehamilan di buku ini banyak orang yang tersadar dan teredukasi. 

menurut saya buku ini paket lengkap. buku ini tersaji dalam 10 babhanya saja menurut saya, konsep tentang gentle birth sesuai dengan judulnya kurang di perdalam lagi. informasi seputar gentle birth hanya dijelaskan dalam 3 bab yaitu tentang gentle birth, kunci persalinan gentle birth dan teknik-teknik persalinan gentle birth. 

hal lain yang menarik dikupas dalam buku ini yaitu disampaikan pula hal-hal yang perlu calon ibu persiapkan sebelum persalinan. beberapa barang bawaan yang perlu dibawa nantinya saat persalinan. saya rasa hal ini sangat berguna terutama bagi para calon ibu dan tidak menutup kemungkinan juga untuk para ibu yang sudah pernah melahirkan agar nantinya dapat mempersiapkan barang bawaan dengan cermat (meminimalisir barang yang lupa hehehe).

bagi yang ingin menambah wawasan tentang gentle birth, buku ini bisa menjadi salah satu acuan untuk referensi. isi buku ini disajikan dengan singkat, padat dan jelas. bahasa yang digunakan pun mudah dipahami.

selamat membaca !

salam hangat,

FHZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *